Candi di Sekitar Prambanan - White Horse | Sewa Bus | Harga Bus Pariwisata

Sewa Bus

Harga Bus Pariwisata

Candi di Sekitar Prambanan

Thursday, 06 September 2018

Jika ditanya mengenai candi yang ada di Yogyakarta, orang-orang biasanya menjawab Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Padahal sebenarnya kedua candi tersebut tidak terletak di Yogyakarta, melainkan di Jawa Tengah. Memang, letaknya berbatasan dan lebih dekat dari Yogyakarta, sehingga orang-orang mengira bahwa kedua candi tersebut berlokasi di Yogyakarta. Candi Prambanan sendiri terletak di Kabupaten Klaten, sedangkan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang selalu menjadi destinasi wisata. Padahal sebenarnya masih ada beberapa candi yang letaknya tidak begitu jauh dari Candi Prambanan, namun belum diketahui oleh banyak orang.

Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Dusun Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Letaknya tidak begitu jauh dari Candi Prambanan, yaitu hanya sekitar satu kilometer ke arah timur. Candi yang merupakan candi Buddha ini terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul, yang letaknya berseberangan.

Candi Sewu

Candi Sewu merupakan candi Buddha tertua di Jawa Tengah setelah Candi Borobudur. Meskipun bernama Candi Sewu, yang dalam bahasa Jawa berarti seribu, namun jumlah stupa yang ada di candi ini hanya sekitar 249 candi. Letaknya hanya 800 meter dari Candi Prambanan.

Candi Sambisari

Candi Sambisari letaknya sekitar 4 kilometer dari kompleks Candi Prambanan. Kompleks Candi Sambisari terdiri dari satu candi utama dan tiga candi pendamping. Di sekeliling candi ini terdapat pagar yang terbuat dari batu dengan ukuran 50×48 meter.

Candi Ratu Boko

Berbeda dengan candi-candi sebelumnya, Candi Ratu Boko sudah banyak diketahui oleh wisatawan. Hal ini dapat dilihat dari harga tiket masuknya yang hampir sama dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Candi Ratu Boko tak begitu jauh dari Candi Prambanan, hanya berjalan tiga kilometer ke arah Piyungan. Candi ini terletak di atas bukit, sehingga pengunjung dapat melihat Candi Prambanan dan Gunung Merapi dari candi ini.

Candi Banyunibo

Letak Candi Banyunibo yaitu di sebelah selatan Candi Prambanan, sedikit berjalan ke arah Wonosari. Arti nama candi ini dalam Bahasa Jawa yaitu “banyunibo” yang berarti air jatuh-menetes, walaupun di candi ini tidak ada tetesan air ataupun sumber air di sekitar candi.

 

Sumber: Panorama Magazine

Artikel Terpopuler